• [email protected]
  • Jl. Arif Rahman Hakim Gresik No.2B, Kramatandap, Gapurosukolilo, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61111
  • (031) 3981918
Event Image

Tutup Pelaksanaan Kegiatan LKMM-TD, Wakil Rektor II Universitas Gresik Berikan Apresiasi Kepada BEM Raya Gresik

unigres.ac.id, Gresik- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Gresik (Unigres) ialah organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat Universitas atau Institut. Umumnya, BEM dipimpin oleh seorang Ketua dan Wakil Ketua. Untuk melaksanakan program-program kerjanya, Ketua dan Wakil Ketua dibantu oleh sebuah Departemen atau Kementerian.

Tugas dan Fungsi BEM secara umum antara lain sebagai perwakilan mahasiswa ditingkat Universitas untuk menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa di lingkungan kampus, sebagai jembatan komunikasi antar organisasi kemahasiswaan dan sivitas akademika di tingkat Universitas, sebagai media komunikasi antara Universitas dengan eksternal, bertanggung jawab dalam peningkatan minat dan bakat, kepemimpinan, dan profesionalitas serta menetapkan program kegiatan kemahasiswaan dengan berpedoman pada peraturan-peraturan yang berlaku. Pada dasarnya, tujuan dari adanya BEM di perguruan tinggi adalah berdasar prinsip dari mahasiswa, oleh mahasiswa, dan untuk mahasiswa.

Berdasarkan tugas dan fungsi organisasi BEM tersebut, aliansi BEM Se-Kabupaten Gresik gelar kegiatan LKKM-TD guna untuk membentuk keterampilan mahasiswa dalam berorganisasi dan membuat event secara profesional dan kreatif.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor II Universitas Gresik, Direktur AAK Gresik, Ka. Humas, Kerjasama dan Inovasi kemahasiswaan serta seluruh peserta pelatihan LKMM-TD dari seluruh Universitas yang terletak di Kabupaten Gresik (28/01/2024).

Kegiatan LKMM-TD ini digelar mulai tanggal 25 Januari sampai 28 Januari yang diletakkan di dua tempat Universitas, diantaranya yakni Universitas Qomaruddin dan Universitas Gresik. Adapun total peserta yang mengikuti kegiatan ini 50 peserta dengan rincian 5-10 perwakilan dari setiap Universitas. Penutupan LKMM-TD ini dibuka dengan rentetan acara, diantaranya ialah penampilan UKM Olahraga Cabang Pencak Silat dari Universitas Gresik dan Musik dari Universitas Semen Indonesia.

Maulana Bachtiar Eka Putra yang akrab kita sapa dengan mas bachtiar selaku ketua BEM Universitas Gresik sekaligus Wakil Ketua pelaksana kegiatan ini mengatakan, kegiatan LKMM-TD ini dilaksanakan untuk membentuk keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa, baik keterampilan dalam berorganisasi atau keterampilan lainnya.

“maka harapan saya, setelah kegiatan ini selesai seluruh mahasiswa dapat praktek keterampilan di Universitas masing-masing, guna memberikan inovasi-inovasi terbaru dalam kegiatan mahasiswa” Tutur bachtiar selaku ketua BEM Universitas Gresik.

Wakil rektor II Dr. Taufiq Harris. M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan pesan Rektor Universitas Gresik. Pesan Ibu Rektor, pertama ibu rektor menyampaikan salam kepada semua yang menghadiri kegiatan ini, dan ibu rektor sangat senang serta memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan LKMM-TD oleh BEM Gresik Raya, kedua terus memperkuat Kerjasama BEM se-Gresik.

“mahasiswa adalah aset bangsa untuk masa depan. Oleh sebab itu kegiatan LKMM-TD adalah bentuk kegiatan untuk menambah wawasan dan pemahaman terkait alur manajemen pengelolaan organisasi – sebab pencapaian organisasi bertujuan untuk menghasilkan produk yang berkualitas, produk yang berkualitas dapat dicapai dengan kualitas Proses, dan kualitas proses dicapai dengan organisasi yang tepat, sedangkan organisasi yang tepat ditunjang dengan pemimpin yang handal, dan pemimpin handal di dasarkan atas komitmen yang kuat. Alur ini sangat penting dalam pemahaman ketrampilan dasar manajemen.  dan juga perlu diingat dalam kepemimpinan organisasi. Leadership dan followership adalah seperti coin mata uang yang tidak terpisahkan”’. Tutur Dr. Taufiq Harris. M.Pd selaku wakil rektor II Universitas Gresik.

Selanjutnya, saya menyampaikan terimakasih atas kehadirannya di Universitas Gresik serta telah Universitas Gresik sebagai tempat kegiatan, atas nama Universitas Gresik saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya, apabila dalam memberikan pelayanan selama kegiatan ada kekurangan. Imbuh Wakil Rektor II Universitas Gresik.

Kegiatan ini ditutup dengan berbagai kegiatan lanjutan, diantaranya ialah pembagian penghargaan kepada mahasiswa yang aktif dalam berpartisipasi selama kegiatan berlangsung serta pemberian kenang-kenangan dari panitia kegiatan LKMM-TD kepada Universitas Gresik. (Humas)