Kamis 11 Juli 2019 bertempat di gedung Program Studi Ilmu Keperawatan diadakan kuliah pakar dengan tema “Trend dan Issue Terkini Tentang Perawatan Pasien ODHA (Orang dengan HIV/AIDS). Materi Kuliah Pakar ini disampaikan oleh Prof. Dr. H. Nursalam MNurs(Hons).

Kuliah pakar dibuka oleh rektor Universitas Gresik Prof. Dr. H. Sukiyat, SH.MSi., dalam sambutannya beliau mengatakan “kuliah pakar ini sangat perlu bagi mahasiswa, karena mahasiswa tidak hanya belajar dari kuliah saja juga harus belajar dari para pakar”.

 

(Kuliah pakar disampaikan oleh Prof. Dr. H.Nursalam, M.Nurs (Hons) tentang Trend dan Issue terkini tentang perawatan pasien ODHA -Orang dengan HIV/AIDS)

 

Dalam kuliah pakar ini Prof. Nursalam menyampaikan kasus HIV AIDS saat ini selalu meningkat, baik di Indonesia maupun dunia. Peran perawat untuk mencegah salah satunya dengan women empowerment (berdayakan perempuan). Tidak hanya itu tetapi juga memberikan perawatan secara holistic baik itu biologis, psikologi, sosial dan spiritual. Harapannya dengan support sosial yang baik pasien HIV/AIDS dapat memiliki koping yang positif. Koping positif diperlakukan bagi mereka, karena dapat memodulasi sistem imun.

Kuliah pakar ditutup dengan pemberian kenang – kenangan oleh ketua panitia Ibu Yulanticha Diaz Ahwalia Aziza S.Kep.Ns., MS.

 

(Penyerahan Kenang – kenangan oleh ketua pelaksana Ibu Yulanticha Diaz Ahwalia Aziza S.Kep.Ns.,MS)