Fakultas Hukum Universitas Gresik menggelar kuliah umum bertema “Kebijakan Kriminal dalam Upaya Penanganan Cyber Crime” di Gedung Pascasarjana Universitas Gresik (Unigres) lantai 2 Universitas Gresik pada tanggal 06 Maret 2019. Kegiatan itu diisi oleh UPN Veteran Surabaya, Dr. Hervina Puspitosari, S.H, M.H dan diikuti seluruh dosen dan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gresik.

 

Dua mahasiswa FH Unigres mendampingi Dr. Hervina Puspitosari, S.H, M.H dalam dialog saat kuliah umum.

 

Hervina Puspitosari mengatakan kasus hoax dan penyalahgunaan media sosial di Indonesia meningkat. Banyak remaja bahkan kaum terdidik yang berurusan dengan hukum karena penyalahgunaan cyber crime. “Mahasiswa merupakan agent of chance, sehingga harus ikut aktif dalam memerangi kasus hoax,” jelasnya.

 

KOMITMEN : Dr Hervina Puspitosari, S.H, M.H (tiga dari kiri bersama dosen FH UNIGRES usai kuliah umum)

 

Cyber Crime adalah mengacu pada aktivitas kejahatan yang dilakukan di dunia maya dengan menggunakan teknologi komputer atau jaringan komputer. Jadi untuk lebih mudahnya mengingat cyber crime adalah kejahatan di dunia maya. Kejahatan dalam dunia digital bisa dilihat dari banyaknya kasus penipuan, trafficking manusia (prostitusi online), illegal konten, sabotasi dan lainnya. “Kedepannya mahasiswa diharapkan bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat dari kuliah umum sehingga mengantisipasi dan memerangi kasus penyalahgunaan teknologi,” ungkapnya. (HUMAS UNIGRES)